MEMPERSIAPKAN SDM TALENTA DIGITAL BRIN MELALUI PELATIHAN TEKNIS BIDANG TIK

Senin, 23 Agustus 2021 – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Riset dan Inovasi Nasional (Pusdiklat-BRIN) bekerjasama dengan Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasidan Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informasi (BPPTIK – Kominfo) sebagaimanatahun sebelumnya, pada tahun 2021 kembali melaksanakan pelatihan dan sertifikasikompetensi Bidang TIK dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM BRIN dalam bidang TIK. Pembukaan pelatihan dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh Plt. Kepala Pusdiklat BRIN – Wisnu S Soenarso, Kepala BPPTIK – Nusirwan, Kepala Bidang Penyelenggaraan Diklat – Ruben Silitonga, tenaga pengajar BPPTIK, serta peserta pelatihan TIK. Pada kesempatanmemberikan sambutan dalam acara tersebut, Wisnu S. Soenarso, menyampaikan urgensiperlunya penguasaan TIK dan upaya pengembangan kompetensi SDM BRIN melaluipelaksanaan pelatihan TIK, diantaranya dalam rangka peningkatan daya saing bangsamemerlukan dukungan SDM Iptek yang berkualitas, terlebih dalam menghadapi perkembanganrevolusi industri 4.0 memaksa semua orang harus siap menghadapinya dan terlebih dengan adanya tugas dan fungsi BRIN yang baru ke depannya dalam pelaksanaan pengintegrasianseluruh pelaksanaan riset dan inovasi di Indonesia tentunya memerlukan SDM kompeten dan professional yang menguasai TIK.

Upaya yang dilakukan BRIN dalam rangka mempersiapkan SDM nya dalam penguasaan TIK sejalan dengan salah satu arahan presiden dalam Perencanaan Transportasi Digital untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, yaitu mempersiapkan kebutuhan SDM talenta digital.Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Pusat BPPTIK – Nusirwan, dimana dalamsambutannya disampaikan bahwa menuju transformasi digital tidak hanya infrastruktur yang perlu disiapkan dan dikembangkan, namun yang terpenting adalah peran SDM yang mampumengoperasikan dan mengembangkan penguasaan TIK dalam pelaksanaan kegiatannya.Beliau juga menyampaikan harapan terhadap Pusdiklat BRIN bahwa saat ini pelatihan yang dilaksanakan masih bersifat fundamental dan kedepannya akan dilaksanakan pelatihan TIK yang lebih spesifik dan memiliki tantangan penguasaan kompetensi TIK tingkat lanjut(advanced).

Pelatihan ini diikuti oleh 121 orang peserta yang terdiri dari 97 orang PNS dan 24 orang PPNPN yang seluruhnya berasal dari 16 unit kerja di Kemenristek/BRIN, dengan rincian: Pelatihan Graphic Design dan Sertifikasi Junior Graphic Design (33 orang Peserta); Pelatihan Database Development (22 orang Peserta); Pelatihan Office Application dan Sertifikasi Junior Officer Operator (52 orang Peserta); PelatihanNetwork Administration (4 orang Peserta); dan Pelatihan Web Design (10 orang Peserta). Pelatihan akan diselenggarakan mulai tanggal 23 Agustus 2021 3September 2021 secara daring melalui LMS (Learning Management System) BPPTIK dan aplikasi video conference. (IR/Teknis/2021)